pencarian


Senin, 31 Mei 2010

murtad

wajib bagi seorang muslim menjaga agamanya dr sesuatu yg bisa merusak keislamannya,salah satunya yaitu murtad.
Murtad menurut bahasa artinya kembali dr sesuatu ke sesuatu yg lain,dan menurut syara'artinya putus dr islam dg niat,ucapan atau perbuatan yg kufur.Murtad termasuk bagian paling hina dr jenis kekufuran.Murtad ada 3 bagian:yg pertama hati,sprt org islam yg masih sangsi dg adanya Allah,rosul2nya & kitab2nya atau menjadikan yg haram menjadi halal jg sebaliknya yg halal dijadikan haram.
Yg kedua dg perbuatan,seperti menyembah berhala atau matahari yg dulu pernah dilakukan oleh orang2 jahiliyah.Seperti adanya sekarang sesorang rela menyembah wanita demi cinta.
yg ketiga dg ucapan,yg banyak sekali kita takpernah sadar akan hal itu seperti seseorang muslim memanggil muslim yg lain dg panggilan kafir.walaupun ucapan tsb hanya sebatas becanda & Banyak sekali contoh2nya yg kita tak pernah tau bahwa kita telah jatuh dalam kategori murtad.
Seseorang yg telah jatuh dlm murtad wajib kembali ke islam & bertaubat dg melafadzkan dua syahadat dg ber i'tikad(berkeyaqinan) bahwasanya tidak ada Tuhan selain Allah & Nabi Muhammad utusan Allah.dan kita tidak akan pernah mengulangi lagi serta menjaga supaya tidak jatuh dlm murtad lg.Kita wajib mengganti sesuatu perbuatan yg wajib yg pernah kita lakukan pd saat kita murtad sprt sholat & zakat,krn perbuatan tersebut tidak sah ketika kita melakukannya pd saat murtad.
Maka dari itu kita yang dikaruniai oleh Allah sebagai seseorang yang lahir dlm keadaan islam dpt menjaga sebaik2nya walaupun nyawa kitalah yg akan menjadi taruhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar